• Sraddling Bus + Video (PLH Task)


    Adanya pelajaran baru tentang lingkungan hidup membuat siswa lebih sadar akan lingkungan sekitar. Saya mendapat tugas dari pelajaran ini tentang iptek yang bermanfaat untuk lingkungan hidup dan inilah tugas saya. 

    The straddling bus atau bus layang adalah bus besutan penemu asal China, You Zho Song,  yang dipercaya mampu memberikan solusi jitu dari kemacetan lalu lintas yang dialami oleh banyak megacity di seluruh dunia.

    Bus ini memiliki tero-wongan di bawahnya yang dapat dilalui oleh mobil. Panjang bus ini adalah 10 meter dan lebarnya 6,45 meter serta memiliki tinggi 4,5 – 5,5 meter. Disisi kanan kiri dinding bus terdapat roda yang berhubungan langsung dengan rel yang dipasang untuk straddling bus ini.
    Alat transportasi yang bisa memuat hingga 1200 penumpang ini tak perlu banyak mengubah infrastruktur jalan, karena ia memanfaatkan ruang yang memang selama ini tidak dimanfaatkan.

    Dengan kecepatan rata-rata 40 km per jam, bus yang menggunakan tenaga listrik dan surya itu, diklaim bisa mengurangi kemacetan hingga 30 persen pada jalan-jalan utama.

    Bus ini bisa menggantikan hingga 40 bus konvensional, sehingga bisa menghemat hingga 860 ton bahan bakar yang digunakan 40 bus setiap tahun, dan mengurangi emisi karbon hingga 2640 ton.
    Bus ini menggunakan tenaga listrik yang berasal dari panel surya disetiap atap haltenya yang akan di-recharge pada bus di masing-masing halte. Jadi para pengguna tidak akan khawatir mogok kehabisan bahan bakar, karena di setiap haltenya selalu di-recharge.

    Jadi selain bebas polusi, bus ini juga sangat hemat energi karena hanya menggunakan energi matahari. Cara kerjanya, sinar matahari ini akan diserap panel surya setiap halte kemudian di ubah menjadi energi listrik pada bus ini


    Bus ini mempunyai sensor pengaman berupa Ultra Sound Detect System, dibawah terowongan bus maupun di belakang bus, Internal Indicator System, Running Lights, dan Warning Lights, untuk menjaga jarak aman antara kendaraan dan bus. 
    Bus menggunakan rel untuk digunakan saat berjalan dan dikendarai oleh seorang sopir. Di dalam kabin bis terdapat monitor yang dihubungkan kamera untuk melihat kondisi belakang bus dan dari berbagai arah lebih canggih menggantikan kaca spion.
     
    Desain didalam bus ini juga sangat bagus dan modern. Dirancang senyaman mungkin untuk membuat para penumpangnya menjadi lebih nyaman. Kelebihan lainnya, ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan, maka dengan  otomatis dinding kanan dan kiri bis akan terbuka untuk menjadi jalan evakuasi penumpang.

    Investasi untuk bus ini jauh lebih murah, tidak mengambil jalur jalan, dan pembangunannya cepat. Penumpang tidak embayar tiket pada kondektur, tetapi menggunakan sistem build operation transfer (BOT) selama 30 tahun. Dengan penawaran konsep itu, Masyarakat akan mendapatkan angkutan aman, nyaman, cepat tanpa terkendala jalur busway dan sejenisnya

    Rencananya, perusahaan Shenzhen Huashi Future Parking Equipment akan mengujikan kendaraan ini pada 2011 pada sebuah proyek di Beijing. Jika berhasil bus ini akan masuk kedalam 50 best inventions majalah Time tahun ini.

    Ini Dia Videonya. Kalau buffering yang sabar yaa :D

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Hubungi Sekarang

    Menerima seluruh keluh kesah atau sekedar perbincangan dengan kopi hangat

    ADDRESS

    Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

    EMAIL

    mail@rizkyoktavian.com
    rizkyoktavian@merahputih.com

    TELEPHONE

    +62 31

    MOBILE

    +62 857