• Status Facebook Diserang URL Phising

    http://tiaraantik.com/wp-content/uploads/2011/01/facebook.jpg

    DALAM dua hari ini telah bermunculan status yang isinya sama di jejaring sosial Facebook, dengan memakai jebakan URL pendek. Ada apa sebetulnya?

    Ada beberapa status seperti jangan salahin kalo lo w bakal ngakak ngeliat ni orang:D http://tinyurl.com/rahasiapribadiku atau http://tinyurl.com/sampahh. Atau hiks..hiks...hiks... barusan mampir dari http://goo.gl/ds4vc KEREN bgt swearr...buruan...mampir muncul di banyak wall facebook.

    Menurut pengamat teknologi informasi Abimanyu Wachjoewidajat, istilah jebakan URL pendek tersebut bisa terjadi di mana saja. URL atau Uniform Resource Locator (URL) atau Pelokasi Sumber Daya Seragam ini cukup popular di jejaring Facebook atau Twitter, karena yang dibutuhkan hanya tulisan singkat, padat, dan jelas.

    ''Namun sering disalahgunakan untuk memunculkan situs pribadi. Dan setiap mengkliknya, otomatis akan terkoneksi ke situs tersebut,'' kata Abimanyu kepada mediaindonesia.com, Selasa (29/3).

    URL merupakan rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu. Biasanya langsung menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di internet.

    ''Situs penyingkat tidak menimbulkan virus, tetapi situs asli dengan alamat yang panjang bisa menyebarkannya. Tergantung browser yang kita pakai untuk menjelajahi internet,'' jelasnya.

    ''Kalau browsernya kurang baik, biasanya sering melakukan phising (pengelabuan) yaitu bentuk penipuan untuk mendapatkan informasi peka seperti kata sandi dan kartu kredit dalam sebuah komunikasi elektronik resmi,'' jelas pria yang akrab di sapa Abah ini.(MI/*)

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Hubungi Sekarang

    Menerima seluruh keluh kesah atau sekedar perbincangan dengan kopi hangat

    ADDRESS

    Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

    EMAIL

    mail@rizkyoktavian.com
    rizkyoktavian@merahputih.com

    TELEPHONE

    +62 31

    MOBILE

    +62 857